Senin, 03 Desember 2012

Pasar




Disini saya akan menjelaskan tentang pertokoan yang ada di di daerah tempat tinggal saya. Disini saya mengambil beberapa toko yang ada di pasar tersebut. Di pasar ini terdapat beberapa kios-kios dari berbagai macam jenis kebutuhan, diantara lain: kios sembako, kios pakaian, kios mainan anak-anak, kios peralatan rumah tangga, kios pulsa, kios jajanan anak-anak, dll.
Di tempat perbelanjaan tersebut para pedagang dan pembeli melakukan transaksi jual beli atau tukar tambah, disini saling terjadi komunikasi mulai dari pembeli ke pembeli, pedagang ke pembeli hingga pedagang ka pedagang. Di pasar tersebut kita dapat saling bekerja sama meskipun berbeda-beda barang yang dijual. Di pasar tersebut sistem kekeluargaannya sangat terbentuk, para pedagang tersebut tidak saling menjatuhkan, tetapi terjadi komunikasi yang sangat kuat.
Letak pasar tersebut sangat strategis dan dapat dengan mudah dijangkau oleh masyarakat, karena pasar tersebut dekat dengan jalan tol. Selain itu, pasar tersebut dekat dengan perkampungan. Dilihat dari segi perekonomian, di pasar adalah tempat terjadinya transaksi yang dapat dijangkau oleh masyarakat dari sisi harga. Harga-harga di pasar bahkan lumayan berbeda dibandingkan harga-harga di supermarket. Saat di pasar, proses jual beli dilayani oleh pedagang, sedangkan di supermarket, proses jual beli dilakukan oleh si pembeli dan melakukan pembayaran melalui kasir.
Selain dampak positif tersebut, adapula dampak negatif dari proses jual beli di pasar. Dampak negatif di pasar, yaitu: keamanan transaksi di pasar sngat minim, kebersihannya kurang, proses jual beli berdesak-desakan, harga bisa dibohongi, dan udaranya pun tidak baik untuk para pembeli atau pedagang.

Sekian penjelasan tentang pertokoan yang ada di pasar dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan, terimakasih.. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar