Selasa, 13 Mei 2014

Perhitungan Suara Pemilu 2009 di Utak Atik Hacker

http://winmit.blogdetik.com/files/2008/08/pemilu-2009.jpg 


            Jaringan sistem teknologi informasi Komisi Pemilihan Umum untuk Pemilu 2009 beberapa hari ini mengalami gangguan, walapun sudah di uji, ternyata masih juga di utak atik oleh Hacker-Hacker jail yang ingin mengacaukan perhitungan suara Pemilu 2009.
            Pada kejadian ini dilakukan oleh Hacker-Hacker yang tidak bertanggung jawab. Yang lebih mengherankan lagi, peretas peretas ini berasal dari anak dalam negeri yang ingin mencoba-coba utak atik aplikasi. Mereka mencoba mengubah tampilan data dan mengubah semua data yang terdapat di dalamnya.
http://kpud-baliprov.go.id/asset/bankdata/logopemilu2009.jpg
            Dengan banyaknya orang yang ingin mengetahui perolehan suara Pemilu 2009 kali ini, menyebabkan lemotnya akses situs tabulasi suara ini. Pada awalnya KPU memakai 6 server, yang ternyata tidak maksimal, sehingga KPU meminjam lagi 5 server sebagai tambahan karena untuk mengatasi lemotnya koneksi ke situs Tabulasi ini. Dengan begitu, anggaran pemerintah semakin bertambah dikarenakan penambahan jumlah server server dan untuk keamanan jaringan tersebut.
            Pusat tabulasi nasional Pemilu 2009 (Real Count) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) memang sangat di dibutuhkan banyak pihak untuk mengetahui jumlah suara terkini, namun para hacker mencoba untuk mengacaukan hal tersebut. Serangan ke Situs Tabulasi ini oleh pihak KPU sudah berhasil di deteksi sumbernya dan mengkonfirmasikan ke Pihak terkait untuk mengatasi hal tersebut.
            Hal tersebut dapat menjadi pelajaran antara masyarakat dengan pemerintah. Di pihak pemerintah, sebaiknya pemerintah memberikan ruang khusus untuk berkembangnya anak bangsa dalam dunia IT agar masyarakat dapat berkembang sesuai tempatnya. Di pihak masyarakat, sebaiknya masyarakat juga menyalurkan bakat dan minat sesuai dengan tempat yang sesuai dengan etika. Karena dengan begitu masyarakat juga telah melanggar hak privasi, hak cipta serta pengelolaan dalam keamanan dalam pemilu tersebut.
                                            
Source : http://www.digitalbaca.com/2009/04/info-pemilu-2009-situs-tabulasi-pemilu.html
http://www.merdeka.com/teknologi/sistem-teknologi-di-kpu-rentan-dihajar-hacker-dan-dimanipulasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar